Estadio El Sadar – Stadion Kandang Osasuna

  • Whatsapp
Estadio El Sadar - Stadion Kandang Osasuna
Lihat Juga:
Sejarah Osasuna
Estadio El Sadar – Stadion Kandang Osasuna
Nama:Estadio El Sadar
Kapasitas:26,512
Dibuka:2 September 1967
Alamat:Pamplona (Navarra), Spanyol
Stadion Kandang:Osasuna
Pemilik:Ayuntamiento de Navarra
Operator:
Ukuran lapangan:104 m × 67 m
Permukaan:Rumput
Biaya konstruksi:61.000.000 Pesetas
Arsitek:Tomás Arrarás
Manajer proyek:
Nilai UEFA:
Rekor Penonton:

Estadio El Sadar adalah sebuah stadion sepakbola yang terletak di kota kota Navarra, Spanyol. El Sadar merupakan kandang Osasuna.

Stadion El Sadar Dibuka pada tahun 1967, untuk menggantikan stadion venue San Juan, yang di jual tahun sebelumnya. Nama El Sadar dipilih untuk menghormati sebuah sungai yang melintang di kota Nevarra.

Pertandingan pertama yang digelar di stadion ini adalah laga antara Real Zaragoza melawan klub Portugal, Vitoria de Setúbal.

Laga yang dimainkan setelah acara permbukaan satdion tersebut berakhir imbang untuk kedua tim.

Sehari berselang, giliran tim tuan rumah yang menggunakan EL Sadar, mereka mengalahkan Vitoria de Setúbal dengan skor telak 3-0. Ini menjadi kemenangan perdana Osasuna di stadion ini.

Osaba merupakan pemain Osasuna pertama yang berhasil mencetak gol di El Sadar.

Venue ini pernah berganti nama di tahun 2005 menjadi Estadio Reyno de Navarra dan bertahan selama delapan tahun atau tepatnya di tahun 2013. Setelah itu nama El Sadar kembali digunakan sampai saat ini.

Pada November 2014, Osasuna terpaksa menjual stadion ini kepada pemerintah daerah Navarre karena saat itu klub sedang mengalami krisis ekonomi yang sangat parah.

Keputusan Osasuna untuk menjual Satdion El Sadar kemudian disetujui oleh parlemen daerah dengan 31 suara mendukung dan 18 menentang.

Pada musim panas 2015, kapasitas stadion berkurang dari yang tadinya 19.800 menjadi 18.761 penonton. Langkah renovasi ini diambil untuk mementingkan keamanan stadion.

Selain digunakan untuk sepakbola, Estadio El Sadar juga pernah dipakai untuk menggelar acara konser musik. Tercatat, Bon Jovi tampil di stadion pada 5 Juni tahun 1996.

Peta Estadio El Sadar

Related posts